Sunday 21 June 2015

Mengenal Bermacam-Macam Tepung

Teman-teman, postingan hari ini masih seputar nambah ilmu yaaaa, saya mau berbagi sedikit tentang macam-macam tepung dan kegunaannya yang biasa digunakan sehari-hari didapur.

     1. Tepung terigu
Tepung terigu merupakan tepung yang paling sering digunakan didapur, bisa untuk membuat kue kering, aneka gorengan, dan masih banyak lagi kegunaannya. Pembahasan lebih jelasnya untuk tepung terigu bisa dilihat di artikel saya yaitu mengenal jenis-jenis tepung terigu.

       2. Tepung Beras
Tepung beras adalah tepung yang dibuat dari beras putih biasa kemudian digiling. Secara fisik, tepung beras lebih halus dan lembut bila diraba dengan jari. Banyak digunakan dalam pembuatan kue tradisional di Indonesia, sering juga digunakan dalm campuran adonan untuk gorengan agar menjadi lebih renyah. Tepung beras juga digunakan untuk membuat bihun.

        3. Tepung Ketan
Tepung ketan adalh tepung yang dibuat dari beras ketan yang dihaluskan atau digiling. Tepung ketan ini ada 2 macam, ada tepung ketan putih dan ada tepung ketan hitam. Bersifat lebih kenyal dari tepung beras biasa.
Bila diraba dengan jari, tepung ketan terasa agak kesat (hihihi susah membahasakannya, semoga kata kesat ini mendekati maksud saya yang sebenarnya)
Biasanya tepung ketan digunakan dalam pembuatan kue tradisional, bolu, brownies kukus,klepon dll.

        4. Tepung Sagu
Tepung sagu dibuat dari batang pohon sagu yang diambil air saripatinya kemudian diendapkan, hasil endapan lalu dikeringkan dan akhirnya menjadi tepung sagu. Pohon sagu ini banyak dijumpai didaerah Timur Indonesia seperti Maluku dan Papua. Sagu merupakan bahan makanan pokok pengganti beras/nasi.

       5. Tepung Kanji/Tapioka
Banyak yang mengira tepung tapioka/kanji sama dengan tepung sagu....heheheh Berbeda ya teman-teman...Tepung Kanji/tapioka terbuat dari saripati singkong. Orang Jawa Barat lebih mengenal tepung tapioka dengan istilah tepung aci. Banyak digunakan dalam pembuatan cilok, cimol dll. Dipasaran, banyak dijumpai merk Sagu Tani, berdasarkan informasi yang saya dapat, merk tepung sagu tani sama saja dengan tepung tapioka atau tepung kanji karena dilhat dari komposisinya, tepung sagu tani dibuat dari saripati singkong, tetapi dari segi kualitas, tepung sagu tani memang lebih bagus dari tepung kanji/tapioka biasa. Jadi bila diresep menuliskan penggunaan tepung tapioka/kanji, kita bisa menggunakan tepung dengan merk tepung sagu tani.

     6. Tepung Pati Jagung
Jenis tepung pati jagung mungkin asing ditelinga ya teman-teman, karena di Indonesia memang tepung pati jagung lebih dikenal dengan nama tepung maizena. Padahal sebenarnya tepung Maizena itu merupakan brand dari tepung pati jagung, tapi ga tau kenapa justru orang-orang lebih kenalnya sama tepung maizena...hehehehe. Banyak digunakan sebagai pengental sup, saos, fla dll. Sering juga digunakan dalam pembuatan kue kering sebagai perenyah, membuat cake menjadi lebih lembut, digunakan juga dalam proses menguleni fondant agar lembut, tidak mudah retak dan tidak lengket. Tepung pati jagung berbeda dengan tepung jagung, tepung pati jagung dibuat dari saripati jagung, berwarna putih cerah dan halus, sedangkan tepung jagung  dibuat dari biji jagung yang dihaluskan, berwarna kuning dan agak kasar biasanya dibuat untuk keripik jagung dll.

     7. Tepung Panir/Tepung Roti
Tepung roti/panir dibuat dari remah-remah roti tawar yang kering. Kalau mau bikin tepung roti/panir sendiri bisa kok, roti tawa dioven sampai kering lalu ditumbuk atau di giling kalo mau yang halus.
Dipasaran juga banyak dijual. Tepung roti yang halus, biasanya dipakai untuk coating bitterbalen, risoles, kroket dll. Sedangkan tepung roti yang kasar dipakai untuk aneka gorengan seperti risoles, nugget, tempura dll dan hasilnya lebih renyah daripada tepung roti halus. Tepung roti biasa juga disebut bread crumb, ada 2 jenis juga ada yang warna putih ada yang warna kuning hampir orange. Saya biasanya lebih suka pakai bread crumb yang warnanya kuning/orange karena hasil gorengannya lebih terlihat cantik warnanya... :)

     8. Tepung Hunkwe
Biasanya banyak digunakan untuk membuat kue tradisional seperti puding hunkwe, kue cantik manis, es cendol dll..... 

     9. Tepung Tangmien
Tepung ini paling susah ditemukan menurut saya, kemarin nyarinya sampai kemana-mana...hehehehe. Tepung tangmien digunakan dalam membuat kulit dim-sum, hasilnya dim-sum jadi terlihat cantik... :) karena karakteristik tepung ini memang halus dan transparan. Sering juga digunakan dalam membuat bakpao.

Sebenarnya masih banyak jenis tepung lainnya yang biasa digunakan dalam membuat kue maupun masakan, seperti tepung kentang, tepung ubi jalar, tepung gandum, tepung talas dll. Tapi berhubung saya belum pernah pakai, jadi belum bisa berbagi cerita. Lain kali akan saya update lagi informasi tentang jenis tepung lainnya yaaa......











0 comments:

Post a Comment