Monday 15 June 2015

Banana Cake

Ga kerasa ya, kayaknya baru kemarin aja si kakak masuk sekolah di PG, eh sekarang udah mau naik ke TK A...selamat ya kakak Thea sayang....semoga semakin pintar ilmunya, semakin pintar juga sikap, perilaku dan budi pekertinya ya cantikku.
Selesai terima raport, mulai deh liburan panjangnya. Tapi berhubung papa mama lagi sibuk urus ini itu, liburannya dirumah aja.....Nah, si papa pagi pagi dihari pertama liburan sekolah, udah request minta dibuatin camilan, katanya buat camilan the@nabeleeza liburan dirumah.....
Wokeeehhh papa, dibuatin deh ya.....liat kedapur ternyata ada pisang ambon yang udah mateng banget...Pas lah ya dibuat cake, daripada pisangnya kebuang ga ada yang makan (orang rumah ga ada yang doyan makan pisang kalo udah kelewat mateng) sayang kan ya kalo dibuang....
Kalo untuk cake pisang, paling suka sama resep mbak Endang JTT  karena simple banget....bahannya juga ga macam-macam loh, selain itu menghemat waktu...Resep ini jadi andalan saya juga kalo ada yang pesan untuk isian snack box. Untuk resep asli bisa dilihat disini 
Resep mbak endang saya modifikasi sedikit sesuai lidah orang rumah....hehehhehe....
Maaf ya, fotonya ini cuma 1 aja. Kemarin sih udah foto banyak, trus upload ke Facebook, eh ternyata foto-foto di handphone kehapus semua, jadinya pake foto yang sudah diupload ke fb ini deh.... (fotonya juga ga bagus-bagus banget karena pake kamera HP aja, belum punya kamera canggih yang kekinian sihhh... :) masih nabung dulu)
Ini saya tulis kembali resepnya yang versi saya  ya....


Cake Pisang


Bahan:
4-5 buah pisang ambon yang matang ( pisang yang kulitnya ada bintik hitam lebih bagus)
2 butir telur ayam (direndam dalam air hangat kurang lebih 2 menit)
40 gram gula pasir (kalau mau lebih manis, bisa ditambahkan gula lagi)
100 gram tepung terigu segitiga biru
60 gram margarin/mentega dilelehkan
20 gram almond
30 gram keju cheddar 

Cara Membuat: 
Panaskan oven
Siapkan loyang ukuran 17x8x6, oles margarin, alasi dengan kertas baking (biarkan sebagian kertas baking menjuntai keluar loyang untuk memudahkan kita pada saat mengeluarkan cake dari loyang nantinya) lalu dioles lagi dengan margarin tipis-tipis, sisihkan
Lelehkan mentega/margarin diatas api kecil (jaga jangan sampai margarin mendidih dan berbuih), dinginkan
Hancurkan pisang dengan menggunakan garpu (jangan sampai halus, biar tekstur pisang tidak hilang)
Kocok telur dan gula dengan mikser kecepatan rendah sampai tercampur rata, dilanjutkan dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang,kental, berjejak. Tandanya, ketika alat kocokan mikser diangkat, maka adonan jatuh dan meninggalkan jejak selama beberapa detik. 
Masukkan pisang lumat, aduk perlahan dengan menggunakan spatula (teknik aduk balik) sampai adonan tercampur rata.
Masukkan tepung terigu dengan cara diayak, aduk adonan dengan spatula dengan teknik aduk balik agar busa diadonan tidak mencair.
Masukkan mentega yang sudah dilelehkan kedalam adonan, aduk perlahan sampai adonan benar-benar tercampur dengan baik.(margarin yang dilelehkan biasanya mengendap didasar adonan).
Tuang kedalam loyang yang sudah disiapkan, taburi dengan almond dan keju.
Panggang selama kurang lebih 40-45 menit sampai permukaan cake mengeras dan berwarna kuning kecoklatan, tes kematangan cake dengan tusuk lidi, jika tidak ada adonan yang meneple pada lidi berarti cake sudah matang.
Angkat, biarkan uap panas hilang, keluarkan dari loyang dengan cara menarik kertas baking yang menjuntai keluar loyang, letakkan diatas rak kawat hingga dinging, lepaskan kertas baking, potong-potong dan sajikan.... :)

*Toping cake bisa diganti sesuai selera.... :)
*Bila takut cake tidak mengembang dengan baik, bisa ditambahkan 1/2 sdt baking powder kedalam adonan.








0 comments:

Post a Comment