Friday 19 June 2015

Mengenal Jenis-Jenis Tepung Terigu

alohaaaa......
Kali ini, ga nulis resep, tapi mau ngajak kita semua kenalan sama tepung terigu dan jenis-jenis tepung terigu yang biasa dipakai dalam masakan dan kue-kue, sekalian menjawab pertanyaan teman-teman yang masih bingung dengan berbagai jenis tepung terigu dan penggunaannya. Tulisan ini saya dapat dari pengalaman didapur, juga dari referensi majalah baking, dan blognya para senior didunia perbakingan :). Semoga dimengerti ya, maaf kalo bahasanya acakadul.
Biasanya kalo kita baca resep, mau itu resep masakan maupun resep kue, kita nemuin didalam resep ditulis pakai terigu protein tinggi, protein sedang, ataupun protein rendah.....Hayooo, tepung terigu ternyata bermacam-macam loh teman-teman tersayang, penggunaannya juga beda loh yaaa.....
Daripada ribet, langsung aja yukyak.....
  • TEPUNG TERIGU
Tepung terigu adalah ekstrak dari biji gandum bagian dalam. Tepung terigu ini berwarna putih agak kekuningan dan mengandung protein yang disebut gluten. Gluten ini yang membedakan tepung terigu dengan jenis tepung lainnya seperti tepung beras, tepung kentang, tepung tapioka, sagu, dll.....Gluten sendiri merupakan protein yang tidak larut dalam air, bersifat kenyal, dan elastis. Dalam adonan roti, gluten berfungsi untuk menahan adonan roti pada saat mengembang agar tidak mengecil kembali. Pada mie, gluten menentukan tingkat kekenyalan dan elastisitas mie, gluten juga berperan dalam membuat kulit martabak telur agar kulit martabak telur tidak mudah robek, sedangkan pada wafer dan biskuit, gluten menentukan kualitas dari produk wafer, biskuit dan cookies tersebut. Ketepatan penggunaan jenis tepung dalam pembuatan masakan atau kue sangat penting.


  1. Tepung terigu protein rendah
Tepung terigu protein rendah yang banyak kita jumpai dipasaran adalah merk Kunci Biru dari Bogasari. Tepung terigu jenis ini memiliki kandungan protein 8% - 9%. Karena tepung jenis ini menyerap sedikit air dan gula, maka kue yag dibuat dengan penggunaan tepung terigu ini menjadi  lebih renyah. Tepung terigu protein rendah atau Kunci Biru sangat cocok digunakan dalam pembuatan cookies, kulit pie, gorengan, dan wafer.Tepung ini juga masih bisa dibuat cake.

     2.  Tepung terigu protein sedang

Tepung terigu protein sedang dipasaran banyak dijumpai adalam merk Segitiga Biru. Biasanya tepung terigu protein sedang disebut juga tepung terigu serbaguna (all purpose flour) dan mengandung protein 10,5% - 11,5% sehingga bisa digunakan untuk membuat berbagai aneka makanan. Cocok untuk aneka cake, gorengan juga bisa, brownies, martabak manis, bolu kukus dll (selain roti loh ya)

     3.  Tepung terigu protein tinggi

Tepung terigu protein tinggi memiliki kandungan protein >12% , contoh yang biasa kita temukan adalah merk Cakra Kembar, Kereta Kencana dll. Tepung protein tinggi  cocok digunakan untuk membuat mie dan roti. Karena daya serap yang tinggi terhadap cairan, gluten akan mengembang dan membentuk adonan yang liat dan elastis.

Jadi ya teman-teman, kalo mau eksekusi resep, harus diperhatikan ya jenis tepung terigu apa yang sebaiknya dan seharusnya digunakan, supaya hasil uji coba kita berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan..... :)




0 comments:

Post a Comment